Thursday, March 9, 2017

Cara Tepat dan Mudah Mengetahui Blog Copy Paste

    Cara Tepat dan Mudah Mengetahui Blog Copy Paste

    Setelah kita berfikir seharian, terkadang sampai malam hari. Berharap menemukan ide soal penulisan atau tema artikel yang akan kita tulis dan diterbitkan di blog kita sendiri.

    Dan berhasil mendapatkan ide yang cemerlang, original pemikiran kita sendiri. Buah karya dari otak kita, tanpa bantuan tetangga, teman dan kerabat kita.

    Namun setelah semuanya selesai dan dipublikasikan di blog, setelah beberapa hari tentu kita ingin melihat dan mengetahui trafik pembaca atau pengunjung yang membaca artikel kita.

    Kita melihat stabil, tapi lewat beberapa hari. Pengunjung kita malah menurun sangat signifikan. Dan tentu kita akan mencari tahu, kenapa sih, kok bisa ya ?


    Lalu kita pun iseng melakukan penelusuran atau pencarian dengan kata yang sama, mengetik kata-kata persis dengan judul artikel yang kita punya.

    Dan, Wak Waw..ternyata oh ternyata banyak sekali judul artikel yang sama persis dengan punya kita sendiri. Sangat identik, berupa judul dan isi konten yang sama persis.

    Bagaikan kembar sial!!! Ya, karena bisa ada kembaran yang sama persis 100%. Awalnya kita hanya berpikir, mungkin kebetulan saja judulnya sama persis. Tapi setelah kita iseng baca, tidak ada beda samasekali.

    Semua kemiripan memang identik, tidak ada kata yang terbuang beda. Meskipun tidak semua artikel mereka sama dengan punya kita, tetapi ada beberapa yang sama persis.

    Mereka pasti melakukan copy paste terhadap konten kita, tanpa kesopanan dan etika yang dimiliki.

    Banyak cara untuk melakukan copy paste, dari cara manual maupun digital. Entah apa kata tepatnya, saya sendiri masih gaptek sampai sekarang.

    Dan kita berfikir, blog itu ada beratus-ratus bahkan berjuta-juta. Seandainya konten kita di copy paste atau dicuri, dipastikan ada banyak sekali yang melakukan hal itu.

    Ya meskipun saya anak baru di blog, tapi saya kesal dan tidak suka dengan yang namanya copy paste atau pencurian konten. Karena itu merupakan hasil dari pemikiran sendiri, karya original dari otak kita.

    Bukan hanya saya, banyak yang mengalaminya. Tapi saya hanya bisa berharap, supaya mereka bisa cepat menyadarinya.

    Kita tidak tahu, maksud mereka melakukan hal itu. Mungkin hanya ingin menulis atau memiliki konten dengan cepat di blog yang mereka kelola.

    Atau tidak mau berusaha sendiri, malas berfikir daln lain sebagainya. Jika kita melihat, tidak akan ada untungnya dalam waktu yang lama.

    Efek Dari Copy Paste Artikel atau Konten Kita Sendiri

    Ya, pasti sangat terasa sekali akan hal itu. Imbas terhadap blog kita akan terasa, meskipun saya cuma anak baru di blog. Tapi pengunjung bagi saya adalah raja, sama seperti pedagang.

   Meskipun blog saya bukan komersil, hanya ingin berbagi fikiran atau ide bisa juga pengetahuan. Tentu merasa dirugikan sekali.

    Duplikat konten kita akan sangat banyak sekali di mesin pencari, penelusuran pun bisa berakibat untuk blog kita.

    Sehingga blog kita akan bereputasi buruk, bisa saja google tidak senang terhadap blog kita. Karena disangka kita plagiat konten, padahal hasil karya original kita sendiri.

    Saya kurang mengerti dengan peringkat apa pun, saya tidak terlalu peduli. Hanya ingin berbagi saja, itu yang ada difikiran saya saat ini.

    Apakah jika saya menemukan blog yang copy paste harus dilaporkan, sampai hari ini saya biarkan saja. Belum ada keinginan aksi lanjutan, biarkan saja sampai mereka kenyang.

    Saya hanya berharap biarlah hanya yang diatas yang dapat mengadilinya, kalau dari google sendiri saya tidak berharap banyak. Karena memang bukan blog komersil, jadi pasti dianggap biasa saja.

    Jika Anda Ingin Mengetahui Blog Seperti itu Yang Copy Paste

    Banyak cara kalau menurut saya, cara manual dan bantuan tool online yang gratisan. Tentu harus ada usaha dari kita yang merasa dirugikan.

    Sudah pasti rasa kesal ada, dan marah karena hasil pemikiran kita bisa mereka copy paste secara seenaknya sendiri.

    Gampang saja, anda tinggal menulis atau mengetik kata-kata yang sama persis dengan judul konten yang anda punya di penelusuran google. Harus sama persis, penempatan kata, huruf dan lainnya.

    Terserah anda mau berapa judul konten anda yang mau diselidiki atau dicari kesamaannya, bisa anda periksa satu persatu.

    Apakah sama persis, tanpa ada perbedaan samasekali. Berarti memang blog itu penjiplak atau tukang copy paste, terserah tindakan apa yang akan dilakukan oleh anda.

    Saya sendiri masih mencari tahu tentang tindakan seperti copy paste ini, banyak yang bilang lapor ke google atau ke DMCA, tentang hak cipta tentunya.

Memakai Kalimat atau Frasa yang Ada Dalam Konten Anda

    Mungkin hal ini sangat tepat menurut saya sendiri, hasil pemikiran kalimat yang akan kita terapkan tentu original pemikiran kita. Maka, ketiklah kalimat unik yang ada di konten anda.

    Terserah mau berapa kalimat, asalkan yang ada di konten anda sendiri, tapi jangan berlebihan juga.

    Bisa saja mereka telah mengganti judulnya, tetapi isi dari konten sama persis dengan punya kita sendiri.

    Pasti banyak sekali yang melakukan hal itu, saya sendiri sering melakukan pencarian ketika iseng ingin membaca sesuatu di blog orang lain, judul dan isi konten sama persis. Ada juga judul berbeda, tetapi isi konten sama persis.

    Itu yang kadang-kadang membuat saya bingung dan berfikir, ini pemilik yang asli sebenarnya siapa, blog yang mana ? Itu pertanyaan yang selalu tidak ada jawabannya, dari situlah saya berpikir untuk membagikan apa yang telah saya pikirkan soal copy paste konten original.
 
    Saya hanya menyayangkan saja, ide kreatif mereka yang original harus di copy paste oleh mereka yang ingin hasil instan. Tidak tahu itu blog baru atau pun blog lama, karena saya sendiri adalah pemain baru.

    Jadi kurang mengerti seperti apa dan bagaimana tentang blog, saya hanya memanfaatkan blog sebagai iseng mengisi waktu saat sendiri.

    Tapi, segeralah cari tahu apa yang harus anda lakukan ketika menemukan hal yang seperti ini, google DMCA katanya sebagai penindak hal yang berkaitan dengan copy paste.

    Semua keputusan apa pun ada ditangan dan pemikitan anda sendiri, jika itu yang terbaik buat anda dan blog anda, lakukan saja.

    Itu sedikit yang saya tahu, mungkin juga sok tahu. Tapi terserahlah, saya tidak terlalu ambil pusing. Saya hanya iseng menulis disini, berbagi apa yang saya tahu. Tidak terbatas soal apa pun, semua saya tuangkan disini.

    Saya tidak perduli soal rangking atau trafik, meskipun kadang saya melihat antusias pembaca yang mengunjungi blog saya. Biarlah, blog ini hanya sebagai catatan online yang mudah-mudahan juga bisa memberi manfaat buat orang banyak.  

(Teddy Morrison)

No comments:

Post a Comment