Saturday, March 18, 2017

Cara Terbaik Menyikapi Tentang Jumlah Subscriber Youtube?

 
Cara terbaik menyikapi tentang jumlah subscriber youtube

Jika anda mempunyai channel di situs penayang video youtube, yang pertama anda cari adalah pasti subscriber, begitupun dengan yang lainnya. Kenapa? karena dengan jumlah subscriber atau pelanggan yang banyak, kesempatan mendapatkan viewers melimpah tentu bukan hanya omong kosong dan cerita fiktif.

    Namun setelah berusaha meraih subscriber sebanyak mungkin, tiba-tiba secara drastis kembali menurun, yang awalnya ribuan hingga berkurang menjadi ratusan. Dan setiap hari terus berkurang. Rasa kesal pasti ada, saya pun demikian, pernah merasakan hal yang sama. Membangun channel beberapa bulan dengan mengumpulkan jumlah subscriber, tetapi suatu hari malah berkurang, setiap hari!! Terus harus bagaimana Cara terbaik menyikapi tentang jumlah subscriber youtube?

    Kenapa bisa terjadi? pertanyaan seperti itu pasti ada didalam benak masing-masing, yang mempunyai channel video. Dan memang, saat ini banyak sekali cara mendapatkan atau memperbanyak subscriber dalam waktu yang cukup singkat. Ketika anda melakukan penelusuran di google, tentang bagaimana cara menambah jumlah subscriber, akan banyak sekali yang menawarkan kemudahan.

    Ada tools khusus, banyak di share di media sosial maupun di google. Akan tetapi kita harus tahu, mereka yang menggunakan tools dalam rangka memperbanyak subscriber, suatu saat penurunan jumlah subscriber pun akan sangat cepat. Menghilang atau berkurang, karena subscriber tersebut bisa jadi telah dianggap spam oleh pihak youtube. Dan kemungkinan besar adalah robot yang melakukannya, bukan manusia. Apakah betul seperti itu Cara terbaik menyikapi tentang jumlah subscriber youtube?

    Lantas pertanyaan pun kembali bermain dikepala, ada yang langsung mencari jawaban dan ada juga yang mencemooh. Biarkan saja, urusan masing-masing. Tetapi disini saya mempunyai sedikit pandangan atau ungkapan, terserah anda yang menilai sendiri. So, cekibrot...

>> Apakah menggunakan tools khusus menambah subscriber itu aman?

    Terus terang, saya belum pernah menggunakannya samasekali. Cara kerjanya pun tidak pernah tahu, sampai sekarang. Bila kita mau membaca peraturan dari youtube, tanpa ada bagian yang dilewati, disana sebenarnya ada peraturan. Yang melarang pemilik channel untuk menggunakan pihak ketiga, dalam hal menambah jumlah subscriber.

    Secara jelas ditulis, namun sedikit orang yang mau menyempatkan membacanya. Sehingga banyak sekali yang menyarankan penggunaan tools khusus itu, bahkan mereka berani menjamin bahwa hal itu aman. Saya tidak tahu yang mana sebenarnya. Selain itu, menurut saya akan sangat mempengaruhi mesin pencari. Dan lebih fatal, channel kita jadi buruk di mata youtube, apa harus begitu juga Cara terbaik menyikapi tentang jumlah subscriber youtube?

    Mungkin juga pemikiran saya salah, tetapi jika memang anda mau menggunakan tools khusus itu, silahkan saja. Namun sedikit saran saya, lebih baik kembali ke jalan yang benar, terus berusaha mendapatkan subscriber secara sehat. Yaitu, dengan cara membuat konten video yang bagus, menarik dan bermanfaat buat para penonton. Dan yakinlah, penonton pun akan dengan sukarela melayangkan telunjuknya menuju tombol subscribe.

    Atau hal yang sepele, yang biasa kita lakukan, jika dalam dunia blogging disebut blogwalking, di youtube pun banyak yang melakukan hal seperti itu, begitu pun saya sendiri. Dengan menonton video yang lain, kemudian berkomentar dan melakukan subscribe. Tidak lupa meminta subscribe kembali terhadap channel kita.

    Tetapi, jika jumlah subscriber terus menurun secara drastis, kemungkinan besar, menurut saya pribadi, mungkin anda lupa melakukan subscribe balik, jika kita melakukan youtube walking, jadi mereka melakukan unsubscribe. Tidak ada salahnya anda teliti dulu, apakah kesalahan kita sendiri atau bagaimana. Koreksi kesalahan sekecil apapun.

    Lebih baik jangan menggunakan tools khusus yang banyak diulas di sosial media ataupun yang lainnya. Cara alami akan lebih baik dan disukai oleh youtube. Berikut cara lainnya, teruskan membacanya ya..

>> Tingkatkan reputasi channel, dengan melakukan publikasi

    Salah satu saran saya, tingkatkan reputasi channel dengan cara melakukan publikasi. Tentu dengan tujuan supaya semakin banyak orang yang mengetahui tentang channel yang anda kelola. Dengan demikian, semakin banyak orang yang mengetahui channel anda, maka kesempatan mendapatkan subscriber pun akan bertambah dan tentu menjadi banyak.

    Banyak trik yang bisa dilakukan, misalkan dengan sering membagikan video anda sendiri, di share di sosial media atau cara lainnya lagi. Dan jika anda mempunyai blog, pasang video tersebut, dengan begitu ketika ada pengunjung yang datang, mereka juga akan mengetahui jika kita pun memiliki atau mengelola channel youtube.

    Atau dengan mengeluarkan sedikit modal, agar semakin cepat langkah anda dikenal oleh khalayak umum. Bagaiman caranya? anda bisa dengan membuat iklan tentang channel anda, apalagi jika channel anda untuk bisnis, akan semakin membuat kemajuan, tentu bisa menggunakan Google AdWords, Youtube, Facebook Ads dan lain sebagainya.

    Hal yang banyak dilakukan oleh youtuber, dengan melakukan konspirasi positif, yaitu berkolaborasi dengan youtuber lainnya. Kelihatan sepele, namun mempunyai dampak yang besar. Apalagi kolaborasi dengan youtuber yang telah dikenal lebih dulu atau terkenal, dengan jumlah subscriber yang fantastis. Jadikan sebagai ajang saling mempromosikan channel masing-masing. Jalin pertemanan dengan mereka, tentu secara perlahan. Dan percayalah, tidak ada yang instan dalam meraih apapun.

Itu sedikit bahasan dari saya, bisa anda terapkan ataupun anda acuhkan. Namun yang pasti, teruslah berusaha sekuat dan semampu kita, jangan menyerah. Karena ibu pertiwi akan sangat marah sekali, dengan melihat anak bangsa yang mudah menyerah dan tidak mempunyai keinginan untuk lebih maju lagi.

(Teddy Morrison)





No comments:

Post a Comment