Monday, March 13, 2017

Tujuan Seseorang Membuat Blog atau Ngeblog

    Apakah AdaTujuan Seseorang Membuat Blog atau Ngeblog?


Tujuan Seseorang Membuat Blog atau Ngeblog
  Apa sih sebenarnya yang ada dipikiran anda, ketika memutuskan untuk membuat blog atau ngeblog? Mungkin sama seperti saya, hanya sekedar iseng, menulis sesuatu yang bersifat personal. Berbagai hal yang dialami bisa dituliskan disini, entah itu pengalaman pribadi, keseharian kita atau pun curhatan hati. Namun secara perlahan, dengan semakin sering kita ngeblog, akhirnya mendapatkan satu ide yang memang dapat menghasilkan uang dari ngeblog.

 Tujuan Seseorang Membuat Blog atau Ngeblog

    Akibat sering mendengar dan melihat penghasilan dari kegiatan ngeblog, akhirnya saya pun berubah haluan. Yang tadinya hanya sekedar iseng menulis tentang keseharian yang beragam, sekarang saya mencoba menulis sesuatu yang bisa bermanfaat bagi banyak orang. Membuat artikel yang bisa memberikan solusi terhadap satu masalah soal dunia online. Semampu dan sebisa mungkin, sebatas pengetahuan yang saya punya.

    Apakah bisa disebut sebagai gaya hidup, dengan melakukan kegiatan ngeblog? bisa jadi ya. Melihat kondisi saat ini, sangat beragam sekali cara maupun teknik yang dilakukan seseorang dengan melakukan kegiatan ngeblog, juga bisa dilakukan dimana saja, siapa saja dan kapan pun. Apalagi dengan adanya peluang penghasilan tambahan dari blog.

    Dari tahun ke tahun, dampak dari ngeblog semakin memperlihatkan kemajuan, terutama para blogger yang terus bertambah. Dengan semakin berkembangnya dunia teknologi dan digital, juga perkembangan jaringan internet. Sebagai salah satu media elektronik, bisa dibilang blog sangat mudah dan murah untuk dapat diakses oleh siapa pun, dibandingkan dengan berbagai media massa lainnya. Dan bisa ditebak, banyak orang yang beralih dengan memilih blog untuk mendapatkan informasi, berbagai informasi ada dan tersedia, apalagi jika menyangkut persoalan internet.

    Semakin banyak dan terus bertambah orang yang membuat blog, dengan alasan yang bermacam-macam. Tapi alasan yang paling umum adalah mencari keuntungan, dan disini akan saya tulis tentang tujuan seseorang membuat blog dan aktif menjadi seorang blogger.

# Media Promosi Jasa dan Produk

    Betul sekali, melihat kata diatas sudah dipastikan berhubungan dengan dunia bisnis. Konten yang diposting tentu selalu berisikan tentang masalah bisnis, baik itu yang dikelolanya sendiri maupun rekan bisnisnya. Bukan hal yang dilarang, asalkan tetap didalam peraturan dan kebijakan yang telah ditetapkan oleh pihak Google.

    Tidak ada batasan bisnis, apa pun boleh saja dilakukan atau dikerjakan. Dan melihat blog seperti ini, tentu saja beranda atau rumahnya (blog) penuh dengan berbagai foto produk, berbagai list harga barang dan kegiatan yang berhubungan dengam bisnis mereka

# Kegiatan Hobi atau Keseharian

    Memang tidak sedikit yang mengawali blog dari sekedar hobi, lebih tepatnya hobi menulis. Ya, karena kemudahan dan kecepatan, akhirnya mereka lebih memilih media blog untuk menyalurkan hobi menulisnya. Blog seperti ini tidak terpatok dengan masalah topik, isi konten maupun kualitas.

    Sangat beragam isi dari blog seperti ini, semua dituangkan dalam bentuk tulisan. Entah itu kegiatan keseharian, kejadian sehari-hari, curhatan hati pemilik blog dan lain sebagainya. Bisa juga dengan menampilkan satu topik khusus yang disukainya, sesuai dengan keinginan hati. Mungkin buat mereka tidak terlalu penting dengan visitor dan tidak terlalu mengutamakannya. Hanya kegiatan rutin tersebut yang disukainya, yaitu kegiatan menulis sebagai hobi.

# Media Pendidikan dan Solusi

    Semua  yang berhubungan dengan pendidikan dan solusi, sebagai tujuan utama pemilik akun seperti ini. Mereka senang memberi solusi atau artkel yang bermanfaat bagi banyak orang, dengan selalu mengedepankan berbagai persoalan yang tentu saja ada pilihan solusinya.

    Penuh konten edukasi, sangat menonjolkam artikel yang mendidik. Tentu saja tidak semua orang bisa seperti ini, hanya yang mempunyai ilmu pendidikan yang diatas rata-rata, tapi juga bisa dipertanggungjawabkan.
Dengan pengalaman yang mereka punyai, akan sangat senang sekali buat mereka untuk dapat berbagi.

    Blog seperti ini sangat jarang dikelola oleh pribadi, mereka akan bergabung sebagai sebuah kelompok, dengan mengelola secara bersama. Artikel yang disajikan pun sangat informatif, dan tentu saja bermanfaat bagi pengunjung atau pembaca. Namun tak jarang pula, mereka tidak terlalu mementingkan berapa jumlah visitor setiap hari, atau setiap bulannya. Mungkin mereka cukup puas dengan berbagi ilmu yang dimilikinya dan juga pengalamannya.

    Meski ada sebagian yang memang berburu visitor atau pengunjung, namun sangat jarang sekali, dan mereka hanya ingin berbagi saja. Meskipun mereka sama mengharapkan uang dari hasil blog, namun mereka lebih merasa puas berbagi pengetahuan dengan orang lain.

 # Blog Monetize atau Profesional

    Memang bukan rahasia, sangat banyak sekali orang atau blogger yang membuat blog mereka supaya bisa menghasilkan uang. Profesionalisme yang menghasilkan, sebagai aktifitas menuangkan kreatifitas yang menguntungkan. Blog Niche(blog khusus) yang memiliki ciri dengan melihat berbagai penggunaan kata baku berikut konten yang sangat padat.

    Tentu saja blog seperti ini sangat informatif sekali, pihak pengiklan pun sangat senang sekali dengan blog seperti ini. Sehingga uang akan mengalir ke pundi-pundi mereka, sesuai dengan kemampuannya. Profesional blog sangat fokus sekali, dengan istilahnya fulltime, mereka akan selalu berusaha membuat blog lebih baik dan menarik banyak visitor atau pengunjung.

Apakah anda termasuk didalamnya, blog anda sesuai dengan kriteria yang saya tulis diatas? ikutilah kemampuan anda, ikuti pula gaya penulisan yang anda punya. Jangan dipaksakan mengikuti trend yang ada dalam mengelola blog, justru anda akan terlihat berbeda atau unik dengan kemampuan yang anda punya sehingga menjadi ciri khas dan sebagai daya tarik blog anda.


(Teddy Morrison)

No comments:

Post a Comment