Monday, March 20, 2017

Jenis Banned AdSense yang Harus Anda Tahu

jenis banned adsense yang harus anda tahu
 

  Tahukah anda, jika Banned AdSense ada beberapa jenisnya? Jika belum mengetahuinya, mungkin anda harus membaca tulisan yang saya buat ini, karena pasti membutuhkan informasi seperti ini. Apalagi anda sebagai seorang Publisher AdSense, agar tidak terjadi kekeliruan lagi, dalam menyikapi Akun AdSense anda yang terkena Banned.

Jenis Banned AdSense yang Harus Anda Tahu

    Setelah anda berhasil menjadi mitra AdSense, dan mempunyai hak untuk dapat menayangkan iklan. Kemudian anda menerapkannya di situs yang anda kelola, entah itu blog ataupun Channel youtube. Dengan begitu anda dapat meraih penghasilan, karena iklan berhasil tayang di situs anda.

    Namun jika anda melakukan kesalahan, baik itu disengaja atau tidak disengaja, Google AdSense akan melayangkan sangsi. Tergantung kesalahan yang telah diperbuat, ringan ataupun berat.

    Sangsi itu berupa anda tidak bisa menayangkan iklan di jaringan situs anda sebagai Publisher, atau lebih keras lagi seperti menonaktifkan Akun Google AdSense secara permanen, dan tidak bisa bekerjasama lagi sebagai anggota dari semua program AdSense.

    Momok paling mengerikan dan menakutkan sekali, bukan hanya di negeri kita, begitupun di luar negeri sana. Namun semuanya itu dapat dihindari, sehingga resiko Banned AdSense tidak terjadi. Tentu saja dengan mematuhi Peraturan dan Kebijakan Google AdSense.

    Semoga informasi ini bisa membuat anda terhindar dari Banned, dan juga harus diketahui jika Banned AdSense terdiri dari berbagai jenis, bukan hanya satu atau dua. Seperti yang akan saya bahas dibawah ini.

Jenis Banned AdSense yang Harus Anda Tahu

>> Banned Channel Youtube atau Mitra Youtube

    Bagi anda yang melanjutkan membaca ini, tentu anda mempunyai akun youtube atau channel di youtube yang anda kelola sendiri maupun bersama dengan rekan anda.

    Banned channel youtube atau mitra youtube, sangat sering terjadi dan jika kita membaca di forum internet yang bersangkutan, terdapat banyak sekali keluhan dan pertanyaan. Dipastikan setiap hari selalu saja ada, juga terjadi dan menimpa para Publisher.

    Berarti anda telah dikeluarkan sebagai anggota penayang atau Publisher dari youtube, dan bukan sebagai mitra lagi, bahkan penonaktifan permanen. Bisa berupa kehilangan fitur akibat dinonaktifkan, fitur yang sangat berharga sekali, yaitu monetisasi. Bukan sembarang menonaktifkan, karena pasti ada pelanggaran yang memberatkan.

    Program youtube atau program mitra youtube, dan lebih tepatnya AdSense youtube. Dalam artian anda sudah bisa menggunakan fitur monetisasi dengan menayangkan iklan di video yang telah anda upload di channel youtube. Namun karena anda melakukan pelanggaran, hak itu bisa hilang dalam sekejap saja.

    Bukan tanpa alasan kuat Google AdSense berbuat seperti itu, kesalahan itu bisa berupa, upload video yang mempunyai hak cipta, invalid click atau klik tidak sah, dan yang paling sering dilakukan adalah melanggar pedoman komunitas.

    Tidak bisa berbuat banyak, namun anda bisa melakukan permohonan banding ke Google. Hanya kesabaran yang anda lakukan disini, menunggu hasilnya, diterima dan dibalas permohonan anda lewat email atau tidak ada tanggapan samasekali.

    Untuk dapat mengajukan banding, anda harus bergerak cepat, setelah email pemberitahuan Banned. Yaitu paling lambat setelah tiga hari sejak email Banned diterima oleh anda. Dan jika banding ditolak, berarti sudah tidak bisa menjadi mitra youtube lagi, meskipun terus melakukan banding untuk yang kedua atau ketiga kalinya.

>> Banned situs website atau blog

   Sama seperti diatas tadi, namun ini menyangkut situs website atau situs blog, dan situs website lainnya. Bisa dilihat dengan hilangnya atau tidak ada lagi iklan yang tayang seperti biasanya.

    Namun disini Banned berlaku jika anda melanggar kebijakan program AdSense, seperti melanggar hak cipta, memberikan pengalaman buruk kepada pembaca, menampilkan konten dewasa, melanggar pedoman mutu webmaster dan lain sebagainya.

    Disini mungkin sedikit bisa anda lakukan, guna memperbaiki berbagai pelanggaran situs secara menyeluruh. Melakukan permohonan banding terhadap Google, begitu juga waktunya sama dengan diatas, yaitu tiga hari kerja sejak email Banned diterima.

    Begitu anda melakukan banding, dan diterima, anda bisa menampilkan iklan seperti biasa. Namun jika penolakan diterima, situs anda tidak dapat menayangkan iklan dari Google AdSense, secara permanen tentunya.

>> Banned akun AdSense

    Ini yang saya rasa sangat ditakutkan sekali oleh kebanyakan Publisher yang bekerjasama dengan Google AdSense. Google menonaktifkan akun AdSense anda atau disabled. Kemampun anda masuk atau login ke akun, akan hilang kesaktiannya, ketika ingin melihat beberapa laporan AdSense atau saat ingin mengambil kode iklan anda.

    Semuanya hangus dalam hitungan detik, tanpa tersisa sedikitpun. Anda tidak berdaya samasekali, seperti Samson yang dicukur bulu ketiaknya. Penghasilan yang telah anda dapatkan, dan masuk di akun AdSense kemungkinan besar tidak dapat anda ambil atau dimiliki lagi, juga tidak aka dibayarkan kepada anda. Pihak AdSense akan mengembalikan seluruhnya kepada pemasang iklan, yang telah dirugikan oleh anda.

    Sebagian pelanggaran sama juga seperti yang telah saya tulis diatas tadi, namun disini berarti pelanggaran yang serius telah dilakukan dengan melanggar kebijakan program AdSense.
Seperti, invalid click atau klik tidak sah yang sangat merugikan pemasang iklan, pelanggaran hak cipta karena konten di situs anda dan lain sebagainya.

    Sangat susah sekali jika Banned seperti ini menimpa anda, karena sudah tidak dapat bekerjasama secara permanen, apapun bentuk dan usaha anda, akan tetap menemui kegagalan. Semuanya hilang, benar-benar musnah dan akun AdSense tidak dapat dimiliki lagi karena Banned.

    Mengajukan banding, sama seperti diatas yang telah ditulis atau poin yang diatas tadi. Jika anda bisa membuktikan dan sangat meyakinkan kepada tim Google, bahwa kesalahan atau pelanggaran tersebut bukan anda yang melakukannya. Sedikit harapan anda bisa aktif lagi sebagai Publisher AdSense, alasan bisa anda sebutkan, seperti akibat kesalahan teknis, akibat sabotase dari pihak lain bisa berupa bom klik yang terus terjadi.

    Perlindungan akan didapatkan dari Google, baik itu bagi anda sebagai Publisher dan pemasang iklan. Google pun menyebutnya dengan "pengguna tidak etis". Dan anda bisa mendapatkan tips dari Google untuk menghadapi hal semacam itu, dengan mengunjungi bantuan AdSense ataupun anda bisa mengunjungi forum terkait di internet.


Satu hal yang harus kita ingat dan lakukan, jangan pernah bermain tidak aman atau curang karena akan merugikan kita sendiri. Sehingga niat mencari penghasilan bisa kandas, dalam hitungan detik. Apa yang telah kita perbuat seperti, membesarkan dan membangun situs web, blog ataupun channel youtube dan lain sebagainya, akan terasa percuma dan sia sia saja.

So, itu sedikit yang harus diketahui bersama, agar perjalanan kita mulus sampai mendapatkan hasil yang maksimal dan lancar setiap bulan mendapatkan penghasilan. Jangan lupa, tetap berdo'a agar selalu dalam perlindungannya, semoga..

(Teddy Morrison)

No comments:

Post a Comment