Saturday, March 11, 2017

Jenis Blog yang Harus Diketahui

Jenis Blog yang Harus Diketahui

    Jenis blog yang harus diketahui oleh anda, jika memang anda berniat ingin membuat blog atau menulis di blog sesuai hobi anda. Atau pun dengan keinginan mendapat uang dari blog, dan menjadikannya sebagi ladang meraup dolar.

    Blog merupakan sebuah catatan online, bisa digunakan sebagai pribadi maupun komersil. Kegiatan menulis yang dituangkan kedalam blog, tapi bisa juga menghasilkan uang.

    Terserah pilihan anda, tapi kalau bisa menghasilkan uang kenapa tidak kita tekuni dan dijalankan? dengan begitu penghasilan anda akan bertambah, meskipun tidak secara instan terjadi. Butuh usaha dan kerja keras anda, sama seperti saya yang mencoba menekuni blog sebagai alat mencari uang.
 
    Meskipun sampai saat ini saya belum merasakan hasil dari blog, tetapi tetap berusaha secara maksimal. Butuh proses yang panjang tentunya, segala usaha pun akan menghasilkan uang jika kita tetap fokus dan tekun. Juga jangan lupa, tetap berusaha dan kerja keras.

     Baiklah, tanpa kita bahas hal yang saya tulis diatas tadi. Langsung saja menuju pokok dari bahasan saya ini.
Apa saja sih jenis blog yang ada, dan seperti apa ?

Blog Tanpa Kualitas/Blog Spammer

    Blog spammer atau blog yang tanpa kualitas samasekali, asal menulis dan tidak memperhatikan isi dari konten atau artikel yang dipublikasikan.

    Konten asal jadi yang dibuat sedemikian banyak, atau dibuat secara masif. Dengan mmemanfaatkan sebuah sofware yang memakai kode tertentu atau kita sebut plugin.

    Bisa juga isi konten mereka berkualitas, tetapi dengan cara copy paste dari blog lain atau website orang lain. Dengan begitu secara otomatis blog mereka akan terisi konten yang diinginkannya.

    AGC (automatically generated content) membuat konten dengan cepat, dan dalam jumlah sangat banyak sekali.

    Memang sangat mudah membuat blog seperti ini, tapi tentu banyak juga yang merasa dirugikan. Karena merampas atau mengambil konten original orang atau blog lain. Yang mana merupakan hasil karya dari pemikiran mereka sendiri.

    Sebagai pelanggaran hak cipta tentu saja, tapi blog seperti ini tidak akan bertahan lama. Karena google bisa mendeteksi secara cepat, apalagi jika banyak yang melaporkannya. Hak ekslusif google dalam menangani cara-cara yang seperti ini.

    Banyak juga blog yang melakukannya, bahkan yang terkenal dan memiliki banyak pengunjung. Hanya saja umur mereka tetap tidak akan bertahan lama, mungkin beberapa bulan mereka bisa bertahan dan menikmati hasilnya. Tapi kita tahu, hal yang seperti itu tetap akan menemui jalan buntu dan tamat riwayatnya.

Blog Kelompok atau Blog Perusahaan

    Kelompok atau perusahaan memang banyak sekali yang memanfaatkan  jasa blog, atau memakainya sendiri sebagai alat promosi berbagai produk mereka. Atau juga perusahaan jasa, Website sudah pasti setiap perusahaan memilikinya, dengan menambahkan blog sebagai alat penunjang tentu akan membuat perusahaan lebh maju.

    Sebagai sarana informasi atau berupa pengumuman penting lainnya. Dengan mengeluarkan produk baru atau pun jasa yang baru, tentu akan sangat berharga sekali blog yang mereka miliki itu.

    Menghasilkan uang atau tidak? kebanyakan yang saya lihat tidak samasekali, karena hanya dipergunakan sebagai sarana penunjang perusahaan saja. Istilahnya, tidak dimonetisasi lewat iklan afilliasi atau pun pihak ketiga. Hanya dikhususkan sebagai blog penunjang promosi perusahaan.

Blog Konten/Blog Kata Kunci/Blog Niche

    Blog konten atau kata kerennya blog niche, yang memiliki tujuan menjaring pengunjung atau pembaca dengan mengandalkan mesin penelusuran google.

    Fokus utama hanya kepada kata kunci, agar blog mereka bisa masuk diurutan pertama atau lembar utama di mesin pencari. Dengan melakukan riset terlebih dahulu, membuat konten lalu melakukan optimasi di mesin pencari. Dengan maksud tiada lain mencari pengunjung atau pembaca sebanyak-bamyaknya.

    Sangat bergantung sekali terhadap mesin pencari terutama penelusuran google, blog seperti ini selalu disibukan dengan mencari berbagai backlink agar blog mereka selalu masuk di halaman pertama google atau lembar pertama mesin pencari. Dengan kata kunci yang terlebih dahulu mereka riset tentunya.

    Dengan bergantung terhadap pengunjung atau pembaca dari google, sangat besar kemungkinan tidak akan bertahan lama jika saja pihak google melakukan pembaruan algoritma. Kelemahan paling utama dari blog jenis ini.

    Saat algoritma google di perbarui, beberapa bulan kebelakang. Para pemilik blog jenis ini mengeluh karena blog mereka terbuang dari halaman utama mesin pencari. Forum-forum internet pun ramai membicarakan hal ini, karena mereka sangat dirugikan pastinya, akibat dari penalti manual google, google penguin dan google panda.

    Sering terjadi perdebatan dan sampai sekarang pun masih saja diperdebatkan, tentang blog seperti apa yang sebenarnya lebih baik atau menguntungkan itu. Penghasil uang terbaik tentunya, apakah blog Niche atau blog Otoritas.

    Para pemilik masing-masing jenis blog itu tentu mengklaim sendiri, perihal mana yang lebih baik sebagai mesin pencari uang. Tetapi, semua juga bisa menghasilkan uang. Hanya saja proses yang berbicara, tapi yang paling utama dan penting adalah kualitas dari konten yang di publikasikan.

Authority Blog/Blog Otoritas

    Adalah blog yang dikelola atau dibuat juga dimiliki oleh para blogger serius yang berharap menjadi paling ahli dibidang topik atau konten yang dibahasnya, biasanya satu topik yang mereka bahas. Dan tentu juga keahlian topik yang mereka punya.

    Kebalikan dari blog jenis niche, tentu saja mereka juga mengandalkan mesin pencari atau penelusuran sebagai mendapatkan pengunjung atau pun pembaca. Tetapi mereka juga fokus menjaring pengunjung atau pembaca dari sosial media lainnya.

    Meskipun tidak berada di lembar utama mesin pencari atau penelusuran, tetapi tetap mendapatkan trafik dari sosial media lainnya. Tanpa terlalu mementingkan berbagai kata kunci sebagai jurus utamanya.

    Mereka pun dapat menerbitkan atau mempublikasikan konten sangat banyak sekali, bisa ratusan juga ribuan dengan topik yang luas sekali.

Jenis Blog yang Harus Diketahui


Private Blog/Blog Pribadi

    Blog juga awalnya memang sebagai catatan online pribadi, bisa berupa tulisan tentang keseharian atau catatan lainnya. Tanpa melihat materi ataupun yang bersifat komersil.

    Tanpa beban tentunya, apapun bisa dituliskan disini tanpa batasan yang ada. Tidak memikirkan topik apa, soal apa atau konten berkualitas apa, semua hal bisa dituliskan. Tetapi pasti mereka juga tetap enjoy, menikmati apa yang mereka tuliskan.

Blog Gado-gado/General Blog

    Apakah berjenis makanan? tentu saja bukan, hanya namanya saja yang memang sama atau mirip dengan nama jenis makanan.

    Berbagai topik akan kita temukan disini, tanpa ada batas bahasan masalah apapun. Semua ada, atau tepatnya bahasan umum yang ada dan terjadi di masyarakat kita ataupun dunia.

    Sudah pasti pengarang atau penulis blog jenis ini sangat banyak, bukan hanya sendiri atau berdua maupun bertiga. Karena topik berbagai macam, tentu membutuhkan banyak penulis dari berbagai macam bidang.

Promotion Blog/Personal Branding Blog

    Merupakan blog yang hanya dibuat dengan maksud mempromosikan diri sendiri, atau meningkatkan nama sendiri agar lebih terkenal dan dikenal luas dimana-mana.

    Dengan gaya bahasa yang resmi atau formal juga semi formal, tanpa banyak membahas topik yang lain. Hanya murni kepentingan menaikan diri sendiri atau promosi agar menjadi

Blog Pemalas/Blog Copy Paste

    Tentu kita tahu, dengan melihat nama atau membacanya saja sudah pasti berhubungan dengan kegiatan jiplak-menjiplak konten. Plagiat konten dari blog yang sudah memiliki nama besar tentunya, dengan kualitas yang tidak dapat diragukan lagi.

    Mungkin isi konten sangat banyak sekali, tetapi bisa jadi hasil dari copy paste, menjiplak atau plagiat. Pemalas, hanya ingin mendapatkan konten dengan cepat dan banyak tanpa usaha berfikir sendiri.

    Lebih baik kita membuat konten sendiri, hasil dari pemikiran sendiri. Atau jika sudah mentok kita bisa menerapkan ATM (amati, tiru dan modifikasi)

    Bukan hal yang jahat juga, cuma cara seperti itu memang banyak sekali. Jika kita rajin membaca blog yang ada, dan mencari topik apapun, pasti ada banyak kesamaan, meskipun tidak 100% sama. Tapi kalau diringkas akan tetap sama kemana arahnya.

Itulah sedikit yang bisa saya tuliskan tentang berbagai jenis blog, sebenarnya masih ada dan banyak juga jenis lainnya. Hanya itu saja dulu, bisa dikatakan blog paling umum yang ada.

Sekarang terserah anda, mau memilih yang mana atau berjenis apa. Tergantung anda akan menerapkan yang sesuai dengan keinginan atau kebutuhan anda.

(Teddy Morrison)


No comments:

Post a Comment