Wednesday, March 8, 2017

Channel Youtube di Banned / Ditangguhkan

    Channel youtube di Banned / ditangguhkan, bagi para publisher AdSense, mendengar kata Banned pasti sangat ditakuti. Seperti penyakit ganas yang sedang dan selalu mengincar Publisher.

    Bukan tanpa alasan Banned mampir ke akun kita, baik itu blog maupun youtube. Tapi disini saya akan membahas tentang Channel youtube.

    Ketika akun tiba-tiba menjadi tidak dapat diakses, dengan tulisan terpampang sangat jelas sekali depan mata "Tidak dapat mengakses produk google."

    Sekarang ini youtube memang sedang gencar-gencarnya melakukan razia akun. Saya sendiri pun kena imbasnya, Dua akun @gmail saya dibabat abis tanpa ampun.

    Dengar kabar dari angin, katanya sekarang ini Algoritma youtube diperbaiki kinerjanya, semakin lebih baik dan tentu juga ketat sekali.

    Ya, mungkin youtube ingin menjadi lebih baik bagi semua, terutama bagi pemasang iklan. Banyak sekali Channel yang di razia, apalagi Channel yang hanya mementingkan uang dan uang.

    Channel yang melakukan penipuan dengan video, menyesatkan, video tidak berguna, video sampah, bohong, video asal jadi, juga yang dianggap sebagai spam.

    Banyak sekali korban berjatuhan, bahkan akun AdSense tempat kita mencari nafkah pun banyak yang di Banned..sungguh kejam dan sadis!!

    Kenapa bisa seperti itu, mengapa?

    Menurut kita pasti youtube terlalu kejam dan sadis, tapi sebenarnya ada alasan-alasan yang memang valid bagi pihak youtube.

    Mereka melakukan itu semua untuk mencegah supaya google tidak dirugikan, dengan kelakuan negative para pengguna atau pun pemilik akun juga pemilik Channel youtube. Dengan berbagai konten yang sangat tidak ada manfaatnya, tidak berguna bagi orang lain.

    Bila kita sempat membaca semua perjanjian yang diberikan oleh google, disana banyak sekali penjelasan dan peraturan yang harus ditaati oleh para publisher.

    Semua kelakuan kita yang mengakibatkan Channel diblokir atau pun ditangguhkan, sampai Banned.
Semua sudah diterangkan disana ketika kita selesai mendaftar ke google AdSense.

    Berbagai alasan Akun/Channel youtube dinonaktifkan

    Sedikit penjelasan yang bisa membuat kita mengerti, dengan rasa penasaran akibat akun/channel youtube dinonaktifkan/diblokir atau ditangguhkan/Banned.

    Pasti kita akan merasa, memang benar apa yang kita lakukan adalah kesalahan fatal. Yu..kita simak gan :

* 1 IP Komputer/Laptop Dengan Banyak Alamat Email, Tempat Kita Log in

    Betul sekali, pengalaman saya pribadi dirasa memang seperti itu. Dengan imbas semua akun AdSense saya lenyap, hilang tak berbekas lagi.

    Rupanya, google memang mempunyai alat atau softwear canggih yang bisa mendeteksi berbagai aktifitas para pengguna @gmail. Jika kita log in dengan satu komputer, sedangkan alamat kita banyak, dipastikan secara perlahan akan ketahuan oleh google.

    Karena menurut pihak google, itu semua telah menyalahi aturan. Menyalahi kebijakan google, karena menurut mereka satu orang hanya boleh memiliki satu alamat @gmail.

    Sedangkan masyarakat kita, mungkin diluaran sana juga sama. Dipastikan memiliki lebih dari dua alamat @gmail, saya sendiri pun demikian.

    Hal itu menurut google sangat tidak wajar sekali, sebab mereka melihat dengan kita memiliki satu alamat @gmail pun dapat menikmati semua fitur yang disediakan oleh pihak google.

    Berbagai fasilitas bisa dipergunakan oleh kita dan gratis lagi. Tentu dengan syarat dan ketentuan juga pastinya, tapi yang saya lihat dan rasakan memang sangat dimanjakan sekali. Jika kita mentaati peraturan dan kebijakan google, apakah anda sama..nakal ?


* Melanggar/Pelanggaran Pedoman Komunitas

    Berbagai pelanggaran pedoman komunitas sangat banyak sekali jika harus saya terangkan semua. Disini saya akan mengambil yang paling inti, yang paling sering dilakukan oleh para publisher.

    Kita membuat atau upload video, baik itu original buatan kita maupun re-upload. Tapi isi dari video itu sangat meresahkan orang banyak, mengganggu privacy, konten kekerasan, konten seksual, ketelanjangan dan video yang tidak pantas untuk tontonan anak-anak.

    Untuk masyarakat banyak pun sangat mengganggu sekali, kita menyebarkan link channel video kita secara brutal, tidak teratur dan tanpa target samasekali. Tersebar di media sosial lainnya, melakukan spam.

    Video rekayasa, penipuan konten bisa berupa judul dan isi video sangat berlawanan sekali, tidak nyambung.
Dan membuat orang yang menonton atau mengklik jadi kesal.

    Kelakuan seperti itu sangat melanggar sekali, kita mungkin hanya mengejar uang bukan isi konten video yang berkualitas. Tanpa peringatan samasekali atau ada peringatan, tergantung kesalahan kita.

    Teguran pun ada batasnya, sampai tiga kali. Semakin dilanggar, akan semakin cepat musnah akun atau channel anda. Apalagi sudah menyangkut pelanggaran hak cipta, yang sangat dibenci oleh youtube.

    Fasilitas atau fitur-fitur yang bisa kita gunakan pun akan diblokir, bisa berupa tidak dapat upload video dengam kurun waktu bisa satu bulan, tiga bulan dan enam bulan.

    Hak kita memonetisasi video pun hilang, dinonaktifkan selama pelanggaran yang kita lakukan. Bisa juga semua video dihapus, sampai dengan Banned akun yang sangat ditakutkan oleh kita semua. Jika pelanggaran terus kita ulangi sebanyak tiga kali.


* Melanggar/Pelanggaran Hak Cipta

    Ini yang paling sering kita dengar, upload ulang atau mencuri video orang tanpa ada izin tertulis dan sebagainya.
Sedangkan video tersebut mutlak milik orang lain, dengan adanya klaim.

    Dengan cara editing pun tetap akan ketahuan, jika bukan besok pasti kedepannya akan tercium juga oleh kecanggihan teknologi youtube.

    Kekayaan intelektual seperti itu sudah pasti terdaftar, dan jika anda mengalaminya segera buang atau hapus saja videonya. Karena akan menjadi penyakit dan tidak menghasilkan uang untuk kita.

    Melakukan pelanggaran ini sangat berat sekali, jika sampai tiga kali melakukan hal yang sama, kita tidak dapat upload video selama satu bulan, tiga bulan dan enam bulan. Lebih kejam lagi, akun youtube dan AdSense kita langsung di Banned.

*Video/Konten Yang Dilarang oleh Youtube

   Banyak sekali, youtube melarang konten yang tidak pantas. Meskipun situs bebas, tetapi tetap ada aturan yang harus ditaati oleh publisher.

    Konten video yang dilarang : vulgar, seksual, ketelanjangan, kekerasan, mengganggu privacy orang lain, mengusik ketenangan, tidak pantas ditonton oleh anak-anak, fitnah, propaganda, kecaman, ancaman, kecelakaan berat, mayat, kematian dan konten yang tidak pantas lainnya, tentu yang tidak sedap dipandang oleh mata.

* Akun/Channel Yang Tidak Diverifikasi Nomor Handphone

    Meskipun terdengar sangat sepele sekali, tetapi merupakan hal yang wajib dilakukan oleh pemilik Channel.
Tanpa verifikasi, channel kita akan kena badai Banned oleh youtube.

    Dengan verifikasi, kita akan dipandang oleh pihak youtube bukan untuk main-main, channel kita dipandang serius.

    Tim youtube tentu menghargai sekali masalah verifikasi kita, mereka berpikir kita pasti merawat channel youtube dengan benar dan meyakinkan. Bukan untuk sepintas saja, atau hanya iseng.

* Video Kita Disisipi Link Video Kepunyaan Kita Yang Lainnya

    Jangan pernah sekali-kali anda melakukan hal bodoh seperti itu, karena itu sama saja bunuh diri.
Banyak juga yang melakukan hal ini, seminggu bisa aman.

    Tapi, lama-lama akan tercium juga oleh mesin canggih youtube. Algoritma youtube semakin baik, Banned pasti akan singgah di akun atau channel anda.

    Bermain cantiklah, jangan hanya untuk sesaat saja. Meskipun proses sangat panjang, tapi harus kita jalani dan nikmati. Pahit dan manis bermain AdSense, viewers puluhan meski sudah berbulan-bulan, subscriber hanya dibawah dua ratus, tapi..itulah indahnya.

    Ya, indah dengan proses yang menguji kesabaran kita. Mie instan saja harus dimasak terlebih dahulu, baru kita bisa menikmati. Nah, seperti itu kira-kira.

* Metadata/Tag, Deskripsi Yang Berlebihan atau Menyesatkan

    Metadata atau Tag, memang sangat diandalkan sekali oleh kita sebagai penayang video. Jurus sakti yang dimiliki, kadang kita bisa mengelabui mesin pencari ketika penelusuran berjalan.

    Dengan harapan viewers akan melimpah, mengklik video kita. Tapi, sekarang ada aturan yang mengharuskan kita lebih rapih lagi.

    Tag yang kita gunakan atau kita manfaatkan, hanya boleh diisi dengan kata yang mewakilkan konten atau video kita. Terkait judul yang paling penting, Maksimal hanya tiga sampai enam kata yang bisa diisi.

    Jika terlalu berlebihan, kita akan dianggap spam bahkan penipuan. Disinilah kebanyakan yang terjebak, tersandung masalah. Badai Banned kebanyakn akibat hal ini.

   Apa pun yang berlebihan tentu sangat tidak baik, tidak wajar bagi siapa pun.
Terlalu banyak menempatkan kata pada kotak Tag, sangat dibenci oleh mesin youtube. Lebih baik yang paling inti saja kita terapkan.

 * Gambar Cuplikan/Tumbhnail Yang Menyesatkan

    Banyak kabar yang terdengar, jika ada video yang menggunakan tanda panah atau pun gambar yang dilingkari. Pasti akan terkena badai Banned, apalagi jika sangat berlawanan dengan isi dari konten tersebut.

    Menyesatkan agar mengklik video, tentu sebagai pelanggaran berat oleh pihak youtube.

    Gambar-gambar yang diberi tanda panah, lingkaran berwarna, gambar thumbnail dengan isi video yang berbeda, gambar yang mempunyai hak cipta atau copyright dan gambar yang berbau pornografi.

    Mungkin saat ini anda aman dan tentram, tapi kedepannya dipastikan akan bermasalah. Segera berubahlah, jangan sampai penyesalan datang setelah terjadi.

    Saya telah meraskan pahit, yang terasa sampai sekarang. Dua kali Banned akun, dan sekarang pun dalam masa suspend karena banyak orang jail dan sirik.

    Monetisasi saya nonaktif selama 30 hari, bukan waktu yang sebentar bagi saya. Tapi, inilah jalan yang harus kita tempuh. Semoga kedepannya akan semakin baik dan dalam performa yang terbaik.

(Teddy Morrison)

No comments:

Post a Comment