Wednesday, March 15, 2017

(Rahasia) Cara Merawat Blog Hingga Tampak Seperti Profesional

    (Rahasia) Cara Merawat Blog Hingga Tampak Seperti Profesional


(Rahasia) Cara Merawat Blog Hingga Tampak Seperti Profesional


    Bukan hanya sekedar biasa saja, tetapi anda pun bisa merawat blog seperti blogger profesional. Dunia blogger tidak mengenal latar belakang pendidikan, atau pun latar belakang ilmu. Semua bisa menjadi seorang blogger, dengan membagikan pengetahuan yang dimiliki dan dikuasai.

    Dengan media blog yang dimiliki, menuangkan pengetahuan atau pun ilmu. Dunia internet telah mengubah banyak orang, mengubah cara pandang, maupun cara berbagi. Persaingan antar media terus terjadi, entah itu amatir, medium, juga profesional sekalipun.

    Banyak profesional dilahirkan dari kegiatan blogging, dengan kemampuan menyajian informasi yang memang lebih baik dan tepat sasaran.
Meskipun menggunakan media blog secara gratisan, jika kita mampu lebih baik, semua dapat diraih dan bersaing dengan blogger profesional yang menggunakan media blog berbayar sekalipun.

    Segala kemungkinan bisa saja terjadi, awal biasa saja, dikemudian hari akan semakin berkembang. Kesempatan menjadi profesional pun bukan hanya isapan jempol. Tentu kita pernah mendengar profesional yang berasal dari dunia blogging, Linda Ikeji, Arianna  Huffington, Kenneth Lerer, Jonah Peretti dan Andrew Breitbart dan lain sebagainya.

    Mereka mampu berubah menjadi seorang profesional, yang dapat dan mampu menjadi media arus utama di negaranya masing-masing. Mereka bisa menjadi inspirasi untuk berbuat lebih maju lagi didalam dunia blogging. Bukan berarti harus sama dengan mereka, mengikuti jalan yang sama seperti mereka, tetapi dengan cara kita sendiri, dengan kemampuan dan cara berpikir yang kita kembangkan sendiri.

    Langkah yang harus kita lakukan, mengetahui (Rahasia) Cara Merawat Blog Hingga Tampak Seperti Profesional adalah sebagi berikut:

# Jadilah seorang penulis yang baik dan mampu memberi manfaat

    Jangan berkecil hati dengan ilmu dan pengetahuan yang dimiliki, dengan terus berusaha menambah ilmu dan pengetahuan, tentu pemikiran akan berkembang menjadi lebih baik lagi. Tetapi jangan disimpan sendiri, tuangkan kreatifitas didalam dunia blogging yang sedang digeluti.
Percayalah, ilmu yang disimpan sendiri tentu tidak akan bertambah, begitupun ilmu yang kita bagikan juga tidak akan berkurang. Saling berbagi ilmu pengetahuan dan bisa memberikan manfaat bagi orang lain, sebagai prinsip yang harus kita pegang sebagai seorang blogger.

    Meskipun ilmu pengetahuan kita pas-pasan, namun jangan berkecil hati, jika kita mampu menyajikan teknik penulisan yang lebih baik, persaingan bisa kita lawan dan dihadapi. Dan blogger yang mempunyai ilmu pengetahuan lebih baik dari kita pun bisa kita hadapi. Perbaiki penyampaian informasi, perbaiki terus teknik penulisan, percayalah, seorang blogger profesional dapat sejajar dengan kita.

    Berusaha agar mampu menyajikan bahasa yang dapat dimengerti dengan cepat oleh pembaca, meski mengenai bahasan yang cukup berat sekalipun. Tetapi jika mampu dipahami, kita bisa disebut sebagai seorang yang jenius dalam menyajikan tulisan yang kita buat. Pengunjung blog akan mencari berbagai bacaan yang menarik dan bermanfaat, apalagi mampu memberikan solusi. Sehingga bisa dibilang dunia blog sangat ramah bagi pembacanya.

    Jangan berpikir tidak mampu menulis, karena hanya akan menghentikan kreatifitas. Jangan membodohi diri, karena seorang penulis profesional pun terlahir dari bawah dan tidak terlahir sebagai penulis, dalam artian biasa saja. Akan tetapi, mereka terus mengasah kemampuan menulisnya, sehingga mampu berubah menjadi seorang penulis yang profesional.

    Penguasaan ilmu secara teori dan praktek, bukan hal yang cukup bagi blogger, akan tetapi harus mampu menguasai teknik penulisan yang layak dan baik, juga cara penyampaiannya. Ingat, nyawa dunia blogging adalah penulisan yang mampu membawa pembaca larut dalam pemikirannya, efek dari penulisan yang kita sajikan. Melalui tulisan pun akan terbangun citra positif pribadi kita, sehingga akan melekat didalam diri para pembaca.

    Terus berusaha menjadi seorang penulis yang baik, kembangkan teknik yang kita miliki. Sehingga penyampaian informasi lewat tulisan kita, akan semakin tampak sebagai seorang blogger profesional. Yang paling utama, jangan malas dan berhenti berkreasi.

# Pembahasan yang mendalam atau topik yang nyata dan jelas

    Betul sekali, satu pembahasan yang mendalam akan merebut hati para pembaca yang berkunjung ke blog kita. Karena informasi yang lengkap dalam penulisan, merupakan nilai lebih bagi seorang blogger. Bukan rahasia juga, jika seorang blogger membahas satu topik yang jelas dan mendalam, akan selalu mendapat tempat khusus.

    Memang benar, sudah terbukti banyak blog yang sukses menarik pembaca. Bukan berarti mereka yang membahas berbagai topik tidak mendapatkan tempat, banyak juga yang berhasil. Tetapi mereka juga memiliki satu topik yang dominan, yang tentu dikuasai dan ditonjolkannya.

    Saya sendiri pun terus belajar untuk dapat mengerti dan mencoba mendapatkan satu topik yang bisa dibahas lebih mendalam. Pelajari terus topik yang akan anda bahas di blog. Dan topik yang kita bahas secara mendalam bukan berarti akan bisa dan dapat membawa langsung menjadi profesional. Namun dengan usaha meraih dan mengembangkan kearah yang lebih baik. Harus di ingat juga, pilihlah topik yang memang kita inginkan, dan tentu saja bukan yang memang orang lain harapkan.

    Sehingga dengan begitu, langkah menjadi blogger profesional akan semakin nyata. Tidak lupa terus berusaha semampu dan sekuat tenaga, berdo'a juga didalam setiap langkah kita, percayalah harapan akan terbuka.

# Reputasi yang kita ciptakan bagi pembaca 

    Adalah satu keharusan agar blog yang kita kelola dapat tertanam didalam benak pembaca, alangkah baiknya reputasi yang positif. Tentu respon yang didapat pun akan semakin besar bagi kemajuan blog kita. Atau bahasa kerennya adalah brand khas blog, yang kita kelola.

    Dan menurut saya, dalam dunia yang kita geluti, yakni blogging. Peran ini sangat penting sekali, poin penting yang harus bisa ditonjolkan. Dengan begitu, akan sangat berbekas sekali reputasi yang dimiliki. Rancang secara matang rumusan ini, dan hasilnya akan tampak seperti profesional, meskipun sebenarnya bisa dibilang sebagai seorang blogger pemula.

    Yang harus kita ingat juga adalah konsistensi, karena menciptakan brand untuk blog kita bukan perkara yang mudah. Meskipun begitu, brand akan terbangun dengan sendirinya. Seperti yang sudah saya bahas di dua poin tulisan diatas. Bukan hanya lambang blog, stiker atau pun icon, tetapi brand bisa termasuk didalam keilmuan kita.

    Dengan begitu, dapat dikatakan seorang blogger dapat menciptakan brand dalam membangun citranya, dengan ilmu yang dimiliki. Dan teruslah mencari ilmu tentang dunia blogging, asah terus kemampuan dan potensi dalam diri. Percayalah, gelar blogger profesional akan diraih dan menjadi milik kita.

# Berhenti berpikir sebagai orang baru di blog atau newbie

    Profesional selalu menunjukan kualitas, maka berhentilah berpikiran sebagai newbie. Karena bisa dilihat, jika seorang newbie akan selalu berusaha bersikap seperti layaknya profesional, sedangkan profesional tetap berdiri teguh dengan kualitas yang terus dipegangnya.

    Merawat blog dengan baik adalah salah satu ciri profesional, yaitu secara intens membuat konten berkualitas dan bermanfaat. Dalam satu minggu usahakan untuk update konten, entah itu satu atau dua. Namun tetap mengutamakan kualitas. Sehingga dengan begitu, blog kita akan menjelma menjadi besar dan profesional. Bila diperhatikan, tidak ada blog profesional yang hanya berisi konten dengan jumlah puluhan, dan semuanya mempunyai kualitas.

    Jangan pernah copy paste atau mencuri konten, lebih baik mendaur ulang, mengamati atau memdodifikasi dengan cara dan gaya penulisan kita sendiri, dan tentu harus lebih baik lagi. Seandainya kita mengutip pun, maka yang terbaik adalah dengan menyebutkan atau mencantumkan asal sumber yang telah kita kutip tersebut.

    Tekad yang kuat adalah pegangan yang harus dipertahankan, dan memang jalan tidak mulus, halangan dan rintangan akan tetap ada. Banyak sekali yang berjatuhan, dan mengalami kegagalan. Buang sikap pesimis, karena jika menguasai diri kita, tentu akan menjadi sandungan. Optimis akan kemajuan, masa depan lebih baik dapat kita raih dengan gemilang.

Jangan berhenti berkreasi, asah terus kreatifitas. Busungkan dada halaman blog kita dengan berbagai konten yang mempunyai kualitas. Percayalah, tidak ada pengorbanan yang sia-sia. Semua akan ada hasilnya, dan kuatkan keyakinan akan kemajuan blog yang kita miliki.

(Teddy Morrison)

No comments:

Post a Comment