Tuesday, March 14, 2017

Sikap Buruk Blogger yang Bisa Berakibat Kegagalan

    Apakah ada yang salah dengan judul diatas? tidak berlebihankah dengan kalimat ini, Sifat Buruk Blogger yang Bisa Berakibat Kegagalan. Bagi para master blogger, kalimat diatas adalah sangat logis dan kenyataan yang ada di dunia blogging dan dipastikan banyak yang mengalaminya, pernah merasakan saat pertamakali membuat blog dan menjadi seorang blogger.

    Bukan maksud ingin menggurui atau memberi nasehat, juga tidak bermaksud merasa paling tahu. Tetapi hanya berbagi apa yang saya lihat dan saya perhatikan, meskipun saya sendiri seorang blogger pemula. Yang mencoba menulis semua yang saya lihat dan saya rasakan. Karena hidup tidak selamanya indah, tidak selamanya berakhir dengan manis, meskipun awalnya sangat baik, sangat indah. Begitu juga dalam dunia blogging, memang tidak semua selalu berjalan sesuai dengan rencana yang telah dirancang. Akan tetapi, percayalah bahwa semua itu bisa dirubah oleh kita sendiri, dengan keyakinan yang kuat.

    Dan satu lagi, meskipun pahit, tetap meninggalkan makna bagi kita. Pernah merasakan manis, setelah kita mengecap rasa pahit itu dalam hidup.

    Kembali kepada judul saya diatas, Sifat Buruk Blogger yang Bisa Berakibat kegagalan. Karena saya memang pernah merasakannya sendiri, kemudian saya sedikit mengamati kenapa banyak blogger yang menemui kegagalan yang sama sebelum bertanding. Sekali lagi, saya hanya ingin sharing dengan berbagai persoalan yang menimpa seorang blogger. Jika anda berminat silahkan dilanjutkan membaca.


Sikap buruk blogger yang bisa berakibat kegagalan


# Membuat blog karena ambisi mendapatkan penghasilan

    Tidak ada yang salah dengan ambisi itu, silahkan mempunyai ambisi asal tidak berlebihan, yang nantinya jika tidak kesampaian hanya akan membuat kerusakan kreatifitas untuk ngeBlog.
Banyak sekali blogger yang ingin mendapatkan online money sebagai penghasilan tambahan, begitupun saya pribadi sangat mengharapkan.

    Harus diingat juga, tidak akan ada tamu yang datang ke rumah yang kosong atau tidak ada penghuninya. Dengan demikian, rasa kecewa akan datang menghampiri dan tidak dapat kita tolak begitu saja. Disinilah banyak blogger yang berjatuhan, akibat rasa kecewa tadi, karena tidak mendapatkan hasil dari kegiatan blogging yang diharapkannya.

    Ingatlah, situs blog juga bukan sebagai mesin pencetak uang. Bukan pula seorang dermawan yang berjalan berkeliling, membagikan uang begitu saja kepada setiap blogger dengan nominal ratusan atau ribuan dolar.
Buang harapan tinggi itu karena penghasilan yang menggiurkan, karena saat terjatuh akan sangat terasa sakit sekali.

# Membuat konten atau artikel karena mesin penelusuran

    Dengan sedikit pengetahuan, blogger sudah berani menulis tanpa estetika yang baik. Karena mesin penelusuran, disibukkan dengan banyak menulis dan menciptakan berbagai kata kunci. Jelas sekali, hasil karya tulisan pun sangat tidak menarik buat pembaca. Tidak dapat dipahami, tidak dapat dimengerti
Karena tulisan seperti itu hanya akan dipahami dan dimengerti oleh robot atau mesin penelusuran saja, bukan oleh manusia umumnya.

    Akan sangat bagus, bila tulisan yang kita buat dapat dimengerti oleh keduanya. Dan jangan pula membuat tulisan yang tidak dapat dipahami dan dimengerti oleh mesin penelusuran. Buatlah tulisan yang disukai oleh pembaca, begitu juga harus ramah dan dipahami oleh mesin penelusuran. Karena memang semua sumber lalu lintas berasal dari robot mesin penelusuran.

# Harapan dan angan-angan yang tinggi tetapi malas

    Alami sekali, sebagian besar sikap manusia yang sering kita temui. Bahkan banyak yang dipelihara sebagai sikap permanen, sikap buruk seorang blogger yang memang selalu berdekatan dan berdampingan dengan harapan tinggi. Sama artinya ketika hasrat ingin melukis, tetapi hanya diam memperhatikan kanvas putih yang tampak kosong samasekali. Padahal semua harus dikerjakan dengan tangan, bukan dengan angan-angan. Betul?

    Tentu saja, malas disini berarti rasa malas membuat konten atau update blog, yang seharusnya intens, ini malah sebaliknya. Kalau terus seperti ini dan berkelanjutan, alhasil julukan blogger gagal akan disematkan oleh diri kita sendiri. Memang banyak yang mengalaminya, begitupun saya sendiri. Tetapi saya malas karena akibat mengalami Banned Akun AdSense dua kali, sehingga semua kembali dari nol lagi, setelah semua yang saya bangun hilang dalam hitungan menit.

    Mati langkah karena ide menulis, sangat biasa dialami oleh blogger. Karena merasa semua telah ditulis dan dituangkan kedalam konten, sehingga merasa inspirasi telah mati. Sebenarnya pemikiran yang salah, karena jika kita berpikir jauh, dunia ini sangat luas sekali. Begitupun dalam karya tulis, akan kita temukan hal baru setiap hari. Tergantung kepekaan yang dimiliki oleh pribadi kita sendiri.

# Sangat mementingkan tampilan blog atau edit tema

    Untuk hal ini saya sangat setuju sekali jika semua blogger pasti melakukannya, bohong kalau ada yang menampiknya. Begitupun saya pribadi, awal membuat blog semua ingin terlihat sempurna, terlihat mewah atau penuh hiasan widget dan lainnya. Setelah berjalan cukup lama, ternyata penampilan blog bukan hal yang utama, bukan sebagai prioritas utama.

    Dengan kemampuan koding yang minim sekali, yang ada tampilan blog semakin semrawut tidak karuan. Seperti pasar tradisional, ramai dan acak-acakan. Disinilah awal kita gagal mengembangkan  blog, sehingga rasa putus asa pun datang menghampiri. Karena setelah kita merombak tampilan blog dengan keinginan sendiri, terlihat tidak enak dipandang mata. Sialnya, ketika ingin dikembalikan ke tampilan semula, tetap tidak bisa dan sangat susah sekali.

    Hasilnya adalah kekacauan yang permanen, blog tidak ada prospek samasekali. Memang kesempurnaan ingin selalu kita dapatkan, tetapi terlalu lama berkutat dengan maksud ingin sempurna, hanya akan berujung dengan kegagalan. Semakin terpacu meraih kesempurnaan, maka kekurangan pun akan semakin terlihat pula. Buang saja sikap seperti ini jauh-jauh, karena menghambat perkembangan blog yang kita kelola.

# Tidak sabar karena jumlah pengunjung tetap tidak bertambah

    Prioritas utama seorang blogger salah satunya adalah pengunjung, karena memang sangat berkaitan sekali. Tanpa pengunjung, blog akan tampak seperti rumah mewah yang ada ditengah hutan rimba belantara. Sehingga timbul pikiran melakukan cara-cara yang tidak seharusnya, pishing pun dilakukan demi meraih pengunjung melimpah.

    Memang tidak semua mempunyai kesabaran, harus ingat juga dengan pepatah ini"jika orang yang sabar selalu disayang oleh tuhan." Kenapa tidak kita terapkan dalam mengelola blog? bukankah sama dengan semua jenis usaha yang memerlukan kesabaran.

    Batas kesabaran memang ada batasnya, tetapi tidak ada salahnya jika kita melanggar "norma" yang telah ada itu. Dunia blogger akan menguji batas kesabaran hingga mencapai ambang batas yang luar biasa sekali. Tidak sedikit yang berguguran, mereka melemparkan kain berwarna putih, tanda menyerah tanpa perlawanan yang berarti.

    Bila kita berpikir, tentu akan berkaitan sekali antara pengunjung dan konten. Logikanya begini, konten yang berkualitas dan banyak, korelasinya adalah pengunjung itu sendiri. Bukan waktu yang sebentar ketika kita ingin memiliki konten seperti itu. Puluhan atau ratusan konten, tidak akan kita dapatkan dalam hitungan hari atau pun bulan, bisa mencapai tahunan. Bisa saja dalam satu bulan kita membuat puluhan konten bahkan ratusan, tetapi pasti tanpa kwalitas samasekali.

    Disinilah kesabaran yang sebenarnya diuji, dimana kegagalan yang paling terlihat adalah dalam hal menciptakan konten. Berambisi menciptakan dan memiliki kontan yang optimal, sehingga hal yang paling dibenci dan dilarang pun dilanggarnya. Yaitu pencurian konten, atau copy paste milik blog lain, tentu saja sangat tidak baik bagi blogger dan blog yang bersangkutan.

    Singkirkan, kubur hasrat seperti itu. Karena perlahan namun pasti akan berakibat buruk. Menimbulkan masalah kedepannya, bukan penghasilan yang didapatkan, tetapi malah pengasingan bagi blog kita.

# Rajin membaca apa pun tetapi tanpa aplikasi berarti

    Memang suatu kegiatan yang sangat bermanfaat sekali bagi kita atau pun semua orang. Karena ilmu pengetahuan akan semakin bertambah dan ilmu berpikir pun akan semakin jauh dan luas. Dalam dunia blogging kegiatan seperti ini akan berdampak positif sekali. Karena inspirasi akan datang, sehingga tulisan baru pun akan tercipta

    Blogger harus bisa dan mampu menyajikan konten yang berkualitas, menarik dan bermanfaat buat orang banyak. Itu yang harus ditanamkan dalam diri seorang blogger, pengunjung mendatangi blog bukan untuk melihat dan memperhatikan tampilan atau melihat iklan. Melainkan karena membutuhkan bacaan yang berkualitas, dan bisa memberikan manfaat. Apalagi jika solusi yang tepat bagi yang membutuhkannya.

    Gembleng otak kita dengan kegiatan membaca, lalu kita membuat aplikasi buat blog. Sehingga anda pantas disebut blogger, bukan sebagai pembaca. Dengan mempunyai wawasan, anda pun sanggup memberi wawasan bagi orang banyak. Yaitu lewat tulisan, bisa juga dengan berbentuk video atau infografis.
Buatlah kegiatan blog sebagai sesuatu yang menyenangkan dan sebagai kesenangan.

# Tanpa prioritas yang jelas atau tanpa tujuan samasekali

    Dalam hidup pun pasti ada tujuan, sehingga dapat memicu kreatifitas yang merangsang bergerak aktif. Memang, jika rasa malas menimpa blogger, dikarenakan tidak ada prioritas atau tujuan yang jelas. Tidak berpikir akan seperti apa dan bagaimana kedepannya blog yang kita kelola.

    Memang semua orang membutuhkan uang, membuat blog pun berharap mempunyai penghasilan lebih lagi. Akan tetapi banyak tahapan yang harus dilewati seperti yang saya sebutkan diatas tadi. Dan tujuan orang berbeda-beda, akan tetapi dari tujuan yang jelas itulah kita akan tahu kemana arah yang seharusnya blog kita ini.

    Segala kendala dapat dilalui, jika tujuan kita terencana dan tersusun dengan sangat baik. Jika sebaliknya, maka akan menemui kegagalan. Ingatlah, tujuan yang jelas adalah sebuah motivasi yang sangat baik dan logis. Jadi, susun dan rencanakan dengan kesungguhan.


Itulah sedikit yang bisa saya sajikan kepada anda, mungkin masih banyak lagi Sikap buruk blogger yang bisa berakibat kegagalan. Dan bila anda mempunyai tambahan pemikiran, tidak ada salahnya menambahkan. Semoga dengan tulisan ini bisa membuat anda menjadi terpacu lebih baik lagi dan maju lagi didalam kegiatan dunia blogging.

(Teddy Morrison)


 

 

No comments:

Post a Comment