Friday, March 17, 2017

Cara Meningkatkan Trafik atau Pengunjung Blog Alami




Cara meningkatkan traffik atau pengunjung blog alami


    Dengan menekuni dunia blogging, ada kalanya semangat naik turun. Apalagi ditambah dengan persoalan trafik, yang hanya bisa dihitung dengan jari setiap harinya. Begitupun saya sendiri merasakan hal seperti itu. Namun jangan patah semangat, karena dibalik penderitaan tersimpan kesenangan yang amat manis.

    Jangan pula menggunakan cara yang tidak semestinya atau tidak sehat, demi meningkatkan trafik. Misalnya dengan melakukan spam, dan bukan keuntungan peningkatan trafik, yang ada justru malah merugikan diri sendiri atau blog yang kita kelola.

    Masih banyak cara yang lebih positif, dan akan berimbas terhadap peningkatan trafik. Salah satu yang paling bisa membawa perubahan besar adalah konten. Karena bisa dibilang sebagai nyawa paling utama.

    Konten adalah raja, memang benar sekali. Sebelum melakukan distribusi, periksa sekali lagi, koreksi dengan penuh ketelitian. Jika awal bagus, tentu hasilnya pun akan lebih optimal. Dan perlu diingat, jenis konten sangat mempunyai peranan yang besar sekali. Mesin penelusuran pun tentu akan mengingatnya, karena kriteria konten khusus mempunyai tempat yang istimewa.

    Sebagai seorang blogger, kita harus paham apa yang diinginkan oleh pembaca. Bukan keinginan sendiri, karena tanpa mereka kita bukan apa-apa. Untuk itu, marilah kita belajar bersama, mencari tahu cara meningkatkan trafik. Bila dilakukan secara konsisten, maka akan terlihat perubahan yang besar sekali, apalagi diterapkan dengan tepat.

    Terus, apa saja sih yang bisa meningkatkan trafik atau pengunjung terhadap blog.

Cara Meningkatkan Trafik atau Pengunjung Blog Alami

# Judul konten yang menarik

    Sangat berperan besar, disini kita bisa melihat menarik atau tidak artikel tersebut. Meskipun isi sangat berbobot, tetapi bila judul tidak menarik, tentu pembaca akan melewati begitu saja. Harapan pembaca akan singgah pun hilang, harus kita tahu juga, judul yang baik memang akan memberi banyak penjelasan. Setidaknya, buatlah judul yang berhubungan dengan kata kunci.

    Bisa kita lakukan, seandainya kita menyasar kata kunci "Rahasia Internet" maka yang harus kita buat didalam judul, pastikan mengandung kata kunci Rahasia Internet, seperti ini "Buka Rahasia Internet Dengan Cara Ini" atau yang lainnya. Yang paling penting, keterkaitan. Juga buatlah judul yang memang dibutuhkan oleh pembaca apalagi bisa membuat penasaran, tentu semakin besar pembaca akan berkunjung ke blog kita.

# Konten yang berkualitas atau bermanfaat

    Bukan rahasia lagi, jika konten berkualitas adalah unggulan suatu blog. Meskipun persepsi setiap blogger berbeda, tentang konten yang berkualitas itu harus seperti apa. Tidak ada patokan yang pasti, namun yang jelas konten berkualitas adalah mempunyai keunikan tersendiri, selalu berbeda dengan yang lain. Meskipun ada kemiripan konten, bukan hal yang perlu ditakuti. Buatlah satu kelebihan yang lain, dengan gaya masing-masing.

    Ketika ingin mendaftarkan blog, agar bisa di monetisasi, tentu ada kriterianya. Hanya yang berkualitas bisa diterima, misal oleh Google AdSense. Dan memang sebagai salah satu syarat agar blog kita berhasil di monetisasi. Jika diperlukan, sebelum membuat konten bisa kita lakukan riset. Sehingga data yang akan kita kelola dapat menjelma menjadi konten yang berkualitas dan berbobot.

# Blog khusus atau Blog niche

    Saya sendiri pernah merasakannya, saat penolakan diterima. Karena awal membuat blog dengan isi konten yang bukan membahas satu topik, melainkan bermacam-macam atau gado-gado. Sehingga cita-cita menjadi Publisher AdSense pun menemui kegagalan.

    Hingga studi banding pun dilakukan, setelah beralih membahas satu topik, saya berhasil diterima Google AdSense. Namun tidak lama, karena akibat channel youtube saya bermasalah, hingga merembet ke Akun AdSense. Dan tentu blog memang harus dengan tema yang tunggal, khusus atau niche.

    Memang benar, tidak selamanya blog niche terus berjaya. Banyak yang justru gado-gado semakin dikenal, trafiknya luar biasa. Tapi jangan salah, blog niche sangat dibutuhkan sekali saat awal-awal kita membangun blog atau juga image. Buat kedepannya sebagai investasi, karena pembaca sudah tahu dan paham jika blog kita memang bermain hanya satu kata kunci paling utama. Blog niche juga sebagai modal bergabung dengan AdSense, namun tetap mempertahankan kualitas konten.

# Konten variatif bisa dengan gambar atau video

    Bukan berarti setiap artikel memuat gambar atau disertai dengan video, tetapi harus bervariasi. Sehingga akan mempunyai nilai lebih dan sangat variatif. Mesin penelusuran pun akan memberi nilainya sendiri, daripada artikel yang polos samasekali.

    Jangan pula setiap artikel kita, ditautkan dengan video. Dan akan lebih bagus lagi video hasil karya sendiri, produksi sendiri, yang telah di upload ke channel youtube pribadi. Tentu saja apa pun hasil karya sendiri, akan sangat lebih bagus. Sisipkan  dengan keterangan atau caption yang sesuai dengan sasaran kata kunci yang akan kita bidik.

# Artkel yang mendalam atau detail

    Akan lebih baik, ketika membahas satu masalah, atau ulasan didalam konten yang akan diterbitkan sangat mendalam atau detail. Dengan penyampaian sederhana, atau teknik tertentu, asalkan bisa dimengerti dengan cepat oleh pembaca.

    Tidak ada ukuran ideal panjang atau pendeknya konten, sangat bervariasi sekali. Di dunia blogging masih terdapat perbedaan pendapat, tentang ideal konten. Ada tang bilang harus panjang, ada yang bilang tidak usah terlalu panjang. Perbedaan tetaplah perbedaan, tidak akan pernah bisa selalu sama. Dan masih banyak juga yang mempersoalkan tentang jumlah kata, harus sekian, minimal sekian ratus kata, ada yang bilang minimal ribuan kata. Jangan karena mereka sudah profesional atau senior, atau pun master, atau juga mastah dan apa pun namanya. Lantas harus diikuti, bukan seperti itu. Saya perhatikan, banyak juga yang tidak ingin tersaingi. Dengan cara sangat halus, saya melihat banyak yang menyesatkan.

    Yang paling penting berkualitas, isi konten bermanfaat. Kita tentu sering melihat, banyak blog yang hanya berisi tidak lebih dari seribu kata, atau bahkan banyak yang hanya ratusan kata. Tapi tetap pengunjung banyak, trafik mereka luar biasa. Poin penting, tetap pada isi konten. Namun akan lebih baik, jika kita isi dengan bervariasi. Misal tiga konten sangat panjang, terus dua konten yang singkat.

    Ingat juga, tidak semua konten membutuhkan kata-kata yang terlihat berlebihan, karena mengejar ideal panjang suatu konten. Banyak yang hanya diisi dengan kata kunci, ketika dibaca malah membuat bingung, karena tulisan sangat banyak diselipkan dengan kata kunci. Sebenarnya tidak ada patokan yang pasti tentang berapa kata jumlah ideal konten, hanya saja jangan terlalu pendek juga, karena mengurangi nilai tambah.

# Membuat konten secara intens atau update secara berkala

    Disini juga masih banyak diperdebatkan, tentang update blog. Jika kita berniat mengejar trafik, maka usahakan kita bisa update secara berkala. Dengan begitu kunjungan secara alami dari mesin penelusuran akan kita dapatkan.

    Saya pernah membaca dari salah satu blog, jika pengelola tersebut hanya update satu bulan sekali, dan menyarankan seperti itu. Tentu bagus buat mereka sendiri, yang sudah mempunyai pengunjung loyal. Akan tetapi bagi pemula seperti saya, akan menimbulkan masalah besar. Blog bisa tenggelam ditengah persaingan. Sekali lagi, mereka secara halus ingin menenggelamkan blog lainnya.

    Blog yang saya baca tersebut bisa dibilang mempunyai nama yang cukup dikenal. Kalau kita sanggup dua artikel dalam satu hari, akan lebih baik, satu artikel satu hari, masih sangat baik. Asalkan jangan satu bulan atau satu tahun hanya memproduksi satu konten. Balik lagi kepada diri sendiri, jadi jangan melampaui kemampuan pribadi, hasilnya akan buruk sekali.

    Satu minggu satu konten, minimal yang harus anda terapkan. Namun akan lebih baik jika kita update konten secara berkala, sehingga penetrasi terhadap mesin penelusuran akan terasa maksimal. Dengan banyaknya konten, sama juga dengan trafik yang berlimpah. Optimis harus dipertahankan disini.

# Tag keyword paling penting dan paling populer

    Tidak sedikit yang masih menyepelekan hal ini, banyak blogger yang masih melakukannya. Dianggap tidak penting atau sebagai hal yang sepele, cuma menambah pekerjaan ketika akan upload konten. Salah besar, hal ini justru sangat mempunyai peranan penting sekali bagi mesin penelusuran atau mesin pencari.

    Jika di Twitter kita mengenal dengan kata hastag, posisinya sama seperi itu. Trafik alami yang berlimpah, maka kita harus membuat tag dengan keyword yang sangat penting dan paling populer. Mesin penelusuran pun akan ramah, dengan cepat mengelompokkan konten serupa. Jangan sampai lupa dengan tag, atau malah tidak membuatnya samasekali, atau juga malah diisi dengan berbagai tag yang tidak penting dan tidak populer. Harus tetap dilakukan, jika kita mengejar trafik.

# Menerapkan atau menciptakan link building

    Hal seperti ini masih banyak juga yang enggan melakukannya, dengan berbagai alasan. Tidak sedikit pula yang menyepelekannya, padahal mempunyai peranan penting, entah itu link internal atau pun link eksternal. Membangun link internal adalah hal yang wajib dan diperlukan, setelah itu baru kita menciptakan link eksternal.

    Sangat besar peranannya, untuk dapat mendongkrak SEO, dengan begitu potensi blog kita naik lebih tinggi akan semakin besar. Apalagi jika tersebar disetiap konten internal kita, membentuk shortcut bagi pengunjung dan dapat membuka halaman baru. Sehingga terus berkelanjutan pembaca berada dihalaman blog kita.

    Begitu juga dengan link eksternal, ketika ditautkan dengan blog populer atau terkenal. Namun jangan berlebihan, apalagi sampai kita melakukan praktek spam, karena akan berakibat buruk.

    Sangat disarankan, jika kita memang benar-benar seorang blogger pemula, dan baru akan mendaftarkan blog ke Google AdSense, atau ingin di monetisasi. Lebih baik hindari dulu dengan link internal, jangan dulu diterapkan. Sebab kemungkinan besar akan ada penolakan, ketika pihak Google AdSense mengadakan review. Lebih baik apa adanya dulu, terlihat biasa saja. Saya pernah ditolak, ketika setiap konten memiliki link internal. Dan setelah saya buang semua link internal, akhirnya bisa diterima oleh Google AdSense.

Memang masih banyak yang bisa dilakukan, untuk mendapatkan trafik alami atau pengunjung yang berlimpah. Mudah mudahan apa yang saya tulis diatas mampu mewakili beberapa hal agar dapat meningkatkan trafik. Setelah konten yang kita produksi, dapat meningkatkan trafik, dengan cara yang alami tentunya. Sehingga blog atau website kita, akan semakin lebih baik lagi, sesuai harapan.

Buat yang ingin menambahkan, silahkan saja. Supaya bisa lebih bervariasi dan lebih komplit lagi tentang bagaimana meningkatkan trafik terhadap blog kita.

(Teddy Morrison)

No comments:

Post a Comment